Rekomendasi Printer

Hallo,

Sedikit rekomendasi untuk printer rumahan. Kemarin baru saja beli printer Canon MP 287, cukup bagus dan sudah dilengkapi dengan sistem tinta infus. Setelah itu browsing2 tentang kriteria printer yang baik. Canon sendiri dengan thermal head print teknologi + infus sudah lebih dari cukup untuk penggunaan rumahan.Thermal print head menggunakan elemen panas untuk memuaikan dan mengeluarkan tinta dari catridge. Setelah menggunakan untuk keperluan pribadi ternyata kurang. Mengapa saya bisa katakan kurang?

  1. Penggunaan printer Canon untuk keperluan print kertas dalam jumlah yang banyak kurang baik karena head print menggunakan thermal, yang kalau mencetak dalam jumlah yang banyak membuat print headnya panas dan dapat berakibat head printer rusak/tersumbat. Jumlah kertas dalam 1 batch print yang saya lakukan kurang lebih 100 kertas bolak balik.
  2. Dengan sistem custom infus ada kekuatiran flow tinta tidak lancar karena menggunakan sistem diluar rekomendasi.
  3. Dengan mengunakan sistem infus dapat mengurangi biaya tinta yang cukup besar pada printer Canon. Harga tinta 100ml 4 warna pada saat artikel ini di tulis berkisar 80ribu-150ribu untuk yang biasa, sedangkan untuk tinta ori Canon mengharuskan penggantian cartridge sekitar 400ribu-500ribu hanya mempunyai tinta sekitar 10ml per warna. DenganĀ  harga catridge original 3x-5x lipat dan isi tinta yang sangat sedikit, sistem infus jauh lebih ekonomis. Hanya saja Canon sudah mengantisipasi hal tersebut. Penggunaan tinta infus dalam jangka waktu yang lama dapat menggangu karena catridge Canon mempunyai kapas yang berfungsi untuk menyimpan tinta pada catridge original. Kapas ini dalam penggunaan waktu yang lama pasti akan tersumbat.

Baiknya pada saat saya menulis ini merekomendasikan printer Epson L360. Printer Epson menggunakan teknologi Piezo, yaitu penggunaan elemen yang dapat bergerak untuk memompa printer dari catrigde. Penggunaan elemen mekanik dapat mengurangi panas pada printer head. Penggunaan teknologi Piezo ini tidak juga tanpa kekurangan, dengan elemen mekanik, head printer dapat menjadi aus dan juga menggunakan tinta yang lebih banyak.

Keunggulan lainnya adalah tidak ada kapas pada printer Epson tersebut, sehingga mengurangi kemungkin untuk tersumbat. Kekurangan Epson, harga catridge yang mahal dan tidak mudah untuk di ganti. Harga catridge Epson saat ini kurang dari 800ribu, 2x lipat catridge Canon dan juga orang awam mungkin tidak mau ambil pusing untuk mengantinya sendiri karena tidak plug and play. Buka sektrup, kabel flexible yang orang awam kuatir untuk dilakukan sendiri.

Ok, sekian dari saya. Semoga bermanfaat.

2 Replies to “Rekomendasi Printer”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *